Skip to main content

Featured Post

Cara Membuat Tape Singkong Manis Paling Praktis

Makanan tradisional turun temurun dari masa ke masa yang terbuat dari singkong atau ketela pohon yang diberi ragi untuk proses permentasi dan disimpan rapat-rapat selama beberapa hari hingga matang. Makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dengan nama tenar " tape ", bahkan saking terkenalnya hingga bisa mengalahkan ketenaran artis K-Pop Jungkook dan Jimin BTS . Lalu bagaimana cara membuat tape singkong manis paling praktis ? Yuk baca terus sampai ujung dunia,,, eh..ujung tulisan ding. Membuat tape singkong ini sangatlah mudah, tidak ribet dan pasti GPL, gak pakai lama kata anak sekarang. Orang-orang tua kita dulu yang saya tahu kalau bikin tape singkong sangatlah ribet, banyak persiapan, banyak perlengkapan, dan butuh waktu cukup lama, misalnya singkong dikupas, dicuci bersih kemudian direndam sehari semalam, penyimpanannya pun lebih lama dan harus ditutup dengan daun pisang rapat-rapat, tidak boleh dibuka sebelum waktunya tape masak betul. Seiring bertamba

Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah

Di saat suasana Idul Adha seperti ini serigkali kita merasa bosan dengan aneka masakan daging sapi maupun daging kambing yang biasa dihidangkan di rumah kita. Untuk itu saya sumbangkan satu resep kreasi saya berikut ini barangkali bisa dijadikan koleksi masakan keluarga anda untuk menghindari kebosanan anda, Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah.

Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah


Masakan daging kambing maupun daging sapi dengan berbagai macam olahan bersantan seringkali menjadikan bosan, apalagi bagi yang memperoleh banyak daging sedangkan di rumahnya tidak ada freezer. Satu dua hari memang belum terasa membosankan, akan tetapi untuk hari-hari selanjutnya begitu terasa sekali kebosanan itu. Untuk itulah perlu variasi macam masakan agar tidak bosan.

Setelah sebelumnya saya bagikan resep Soto Kambing khas Malang, kali ini masih seputar daging kambing yaitu Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah. Resep ini saya kreasi sendiri dan belum pernah saya bagikan sebelumnya di blog manapun, hanya di blog https://reseppraktissederhana.blogspot.com Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah ini pertamakali dibagikan.

Bahan :

  • Sepiring Nasi
  • Daging kambing yang sudah direbus
  • Sayuran (Sawi, kubis, atau sawi putih)


Bumbu :

  • 1 sdt rempah-rempah bubuk
  • 1 butir telor
  • ½ buah bawang bombai ukuran kecil
  • 5 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih ukuran besar
  • Cabai sesuai selera
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt kecap manis
  • ½ sdt terasi yg sdh dibakar/digoreng
  • ¼ sdt merica bubuk
  • 1 sendok sayur minyak goreng



Resep Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

 

Cara membuatnya :

  • Iris tipis-tipis 3 siung bawang merah, kemudian digoreng sampai kecoklatan, angkat dan sisihkan.
  • Kurangi minyaknya, setengahnya saja.
  • Telor dikocok lepas.
  • Cincang bawang bombai, 2 siung bawang merah, bawang putih dan cabai.
  • Kemudian ditumis dimulai dari bawang bombai hingga layu, tambahkan 3 sdm telor kocok, aduk-aduk, setelah itu bawang merah, bawang putih dan cabai sambil diaduk-aduk.
  • Tambahkan terasi, merica bubuk, garam, rempah-rempah bubuk, dan kecap, aduk-aduk, tambahkan telor kocok yang masih tersisa setelah itu tambahkan daging kambing rebus yang sudah dipotong kecil-kecil. Aduk-aduk sebentar.
  • Tambahkan nasi, aduk-aduk hingga merata.
  • Tambahkan sayuran yang sudah dirajang kecil-kecil, aduk-aduk hingga sayuran layu.
  • Tambahkan penyedap rasa.
  • Matikan kompor dan nasi goreng kambing  bumbu rempah-rempah siap dihidangkan dengan taburan bawang merah goreng (lebih sedap, diaduk dulu biar bawang merah tercampur rata).


Untuk penyedap rasa saya menggunakan penyedap rasa non-MSG, selain lebih sehat, rasanya pun lebih nikmat. Penyedap rasa ini banyak dijual online dan di beberapa toko juga sudah bisa kita temukan penyedap rasa dengan nama produk Totole ini, kaldu rasa jamur yang terbuat dari kaldu jamur, tepung jagung dan bahan-bahan alami lainnya.

Rempah-rempah Bubuk

Rempah-rempah bubuk yang dipakai pada Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah ini merupakan perpaduan antara berbagai rempah-rempah selain rempah-rempah pada bumbu yang sudah disebut di atas. Adapun rempah-rempah tersebut antara lain pala, cengkih, kapulaga, kayu manis, keningar, kayu secang, dan jinten. Semua bahan-bahan ini disangrai, setelah itu didinginkan dulu agar tidak mengurangi ketajaman mata pisau blender, setelah dingin barulah diblender. Simpan rempah-rempah bubuk ini dalam wadah tertutup, jika ingin menggunakan tinggal ambil secukupnya saja. Rempah-rempah bubuk ini bisa dipakai sebagai bumbu serba guna seperti bumbu gulai kambing, bumbu gulai ayam, bumbu gulai ikan, bumbu nasi goreng, bumbu martabak, dan lain sebagainya.

Tips Agar Daging Kambing Tidak Bau Prengus

Kebanyakan orang yang tidak suka daging kambing hanya karena bau prengus dari daging binatang berjenggot ini. Sebenarnya untuk menghilangkan bau prengus ini sangat mudah, caranya cukup rebus daging kambing ini dengan menambahkan beberapa lembar daun salam dan jahe yang sudah dibakar dan dimemarkan. Dengan cara merebus seperti itu Insya Allah bisa menghilangkan bau prengus daging kambing ini.

Itulah Resep Nasi Goreng Kambing Bumbu Rempah-rempah yang bisa saya bagikan, barangkali bisa dijadikan referensi menu masakan keluarga anda.

Comments

Popular Posts

Membuat Klenyem Dari Ketela Pohon/Singkong

Klenyem merupakan makanan tradisional dari kampung yang bahan bakunya berasal dari ketela pohon atau singkong . Makanan tradisional dari ketela pohon atau singkong ( klenyem ) ini terbuat dari singkong parut yang digoreng, berbentuk bulat lonjong dengan isi gula merah di dalamnya. Kalau di Malang, makanan tradisional ala wong ndeso ini dinamakan jemblem . Cara mebuat klenyem pun sangat sederhana, mudah pembuatannya, bahan-bahannya sangat sederhana namun mempunyai cita rasa yang cukup bisa menggoyang lidah kita. Untuk mendapatkan bahan dasar pembuatan klenyem yaitu ketela pohon atau singkong juga tidak sulit, di pasar-pasar tradisional banyak kita temukan penjual singkong tersebut. Bahkan tidak perlu berangkat sendiri ke pasar, tiap hari ada beberapa penjual singkong melintasi di depan tempat tinggalku. Langsung aja saya kasih resepnya. Silahkan praktekkan resep klenyem di bawah ini. Tidak muthlak harus seperti ini, namun anda bisa membuat variasi rasa dan aroma se

Resep Lotek

Lotek adalah jenis makanan khas dari Jawa Tengah khususnya Jogjakarta dan sekitarnya. Lotek ini hampir mirip dengan pecel , namun bedanya dalam hal penyajian. Kalau p ecel bumbunya sudah jadi sebelumnya, sedangkan untuk lotek ini disajikan dengan sambal bumbu yang segar dalam artian sambal bumbunya baru dibuat saat akan disajikan. Sambal untuk bumbu lotek ini pun menggunakan bumbu mentah yang masih segar. Dalam hal penyajian, lotek ini mirip dengan rujak cingur khas Jawa Timur, bedanya kalau rujak cingur bumbunya menggunakan petis dan pisang klutuk sedangkan lotek tidak menggunakan dua bumbu tersebut. Seperti apa lotek ini, berikut saya tuliskan resep dan cara membuat lotek tersebut. Bahan-bahan dan Bumbu-bumbu Dalam Membuat Lotek Bahan-bahan Bayam / Kangkung Kacang Panjang Kecambah Kubis Tahu Tempe Bakwan Bumbu Sambal Kacang Kacang Tanah Cabai Bawang Kencur Air asam jawa Terasi bakar Jeruk purut Garam Gula merah Air   Cara membuatny

Resep Donat Ketela Rambat (Donat Telo)

Bagi masyarakat umum mungkin belum banyak yang tahu tentang donat telo ini, tapi bagi warga Malang sudah tidak asing lagi walaupun hanya mendengar namanya saja. Kalau kita baru pertama kali berkunjung ke Malang mungkin merasa aneh kala berkunjung ke pusat oleh-oleh khasa Malang . Di tempat ini banyak kita temukan berbagai macam jajanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sudah tidak asing lagi bagi kita namun bahan-bahan tersebut bisa dijadikan berbagai macam jajanan. Misalnya kripik tempe aneka rasa , dodol apel , sari apel , sari buah kesemek , sari jambu biji , dan berbagai kripik dari buah-buahan seperti kripik nangka , kripik mangga , kripik salak , kripik melon , kripik semangka dan kripik-kripik buah lainnya. Donat telo memang tidak banyak ditemukan di pusat oleh-oleh khas Malang , namun ada beberapa toko yang menjual donat telo ini.  Penasaran seperti apa rasanya donat telo ini? Untuk mengobati rasa penasaran itu, berikut akan saya sajikan resep donat telo ini. Sepe