Skip to main content

Featured Post

Cara Membuat Tape Singkong Manis Paling Praktis

Makanan tradisional turun temurun dari masa ke masa yang terbuat dari singkong atau ketela pohon yang diberi ragi untuk proses permentasi dan disimpan rapat-rapat selama beberapa hari hingga matang. Makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dengan nama tenar " tape ", bahkan saking terkenalnya hingga bisa mengalahkan ketenaran artis K-Pop Jungkook dan Jimin BTS . Lalu bagaimana cara membuat tape singkong manis paling praktis ? Yuk baca terus sampai ujung dunia,,, eh..ujung tulisan ding. Membuat tape singkong ini sangatlah mudah, tidak ribet dan pasti GPL, gak pakai lama kata anak sekarang. Orang-orang tua kita dulu yang saya tahu kalau bikin tape singkong sangatlah ribet, banyak persiapan, banyak perlengkapan, dan butuh waktu cukup lama, misalnya singkong dikupas, dicuci bersih kemudian direndam sehari semalam, penyimpanannya pun lebih lama dan harus ditutup dengan daun pisang rapat-rapat, tidak boleh dibuka sebelum waktunya tape masak betul. Seiring bertamba

Resep Sosis Solo Isi Ayam

Kalau kita mendengar kata sosis pasti yang ada dalam benak kita adalah sebuah makanan olahan pabrik yang berbentuk bulat panjang yang terbuat dari daging maupun terbuat dari ayam. Namun bagi warga Solo dan sekitarnya, terutama yang tinggal di pedesaan, mereka mengenal makanan sosis ini jauh-jauh sebelum makanan sosis kemasan tersebut populer di masyarakat. Di desa saya makanan sosis ini disebut dengan osis-osis.

Sosis atau osis-osis ini ada banyak jenisnya seperti sosis (osis-osis) isi makaroni, sosis (osis-osis) isi bihun, sosis (osis-osis) isi wortel, sosis (osis-osis) isi ayam, dan lain sebagainya. Sosis (osis-osis) isi makaroni dan sosis (osis-osis) isi bihun biasanya banyak dijual oleh pedagang keliling atau penjul-penjual makanan di sekolahan-sekolahan sedangkan sosis (osis-osis) isi ayam dan sosis (osis-osis) isi wortel bisanya sangat mudah kita temukan di tempat orang-orang punya kerja menikahkan putra-putrinya (mantu).

Resep sosis (osis-osis) yang akan saya sajikan kali ini adalah sosis (osis-osis) isi ayam. Sosis (osis-osis) ini begitu nikmat dengan ciri khas kulit dan isinya yang tidak mudah dicontoh oleh penjual makanan ataupun oleh orang-orang yang hobby masak dari daerah lain. Di tempat tinggal saya yang sekarang, di Malang Jawa Timur banyak kita temukan makanan yang berlabel "sosis Solo" namun kulit dan isinya tidak seperti sosis Solo yang sebenarnya, kulit yang mereka pakai yaitu kulit risoles sedangkan isinya mereka memakai ayam yang biasa mereka pakai buat isi lemper.

Resep Sosis Solo Isi Ayam

Okelah nggak usah banyak kata, langsung aja mari kita praktekkan.

Bahan dan Bumbu Kulit Resep Sosis Solo Isi Ayam
  • Telur ayam 5 butir
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Santan kental 50 cc
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan dan Bumbu Isi Sosis Solo Isi Ayam
  • Daging ayam  1/4 kg
  • Santan kental 10 sendok makan
  • Bawang merah 10 biji
  • Bawang putih 3 siung
  • Ketumbar 2 sendok teh
  • Kemiri 4 butir
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun salam 2 lembar
  • Daun jeruk 5 lembar

Cara Membuat Kulit Sosis Solo Isi Ayam
  1. Kocok telur hingga mengembang.
  2. Setelah telur mengembang, tambahkan tepung terigu, garam, minyak goreng dan santan kental, aduk-aduk sampai benar-benar bercampur rata dan jadi adonan yang encer.
  3. Panaskan teflon yang sudah diberi sedikit minyak goreng.
  4. Tuangkan sesendok sayur adonan kulit sosis solo isi ayam yang sudah dibuat tadi, ratakan hingga berbentuk bulat sebesar ukuran teflon.
  5. Setelah jadi, taruh pada tempat yang telah disediakan, misalnya piring, taruh kulit sosis solo isi ayam yang sudah jadi tadi dan di atasnya dikasih daun pisang yang disobek kecil untuk pembatas dengan kulit sosis solo isi ayam yang lain supaya nantinya tidak lengket jadi satu.
  6. Buat lagi kulit sosis solo isi ayam selanjutnya sesendok demi sesendok hingga adonan habis.

Cara Membuat Isi Sosis Solo Isi Ayam :
  1. Rebus daging ayam, tiriskan, kemudian disuwir-suwir.
  2. Haluskan bumbu-bumbu kecuali bumbu daun.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi.
  4. Masukkan ayam yang sudah disuwir-suwir tadi, tambahkan daun salam dan daun jeruk, aduk-aduk sebentar.
  5. Tambahkan gula dan garam (jika gula dan garam belum ikut dihaluskan bersama bumbu), aduk-aduk.
  6. Tuangkan santan kental, masak hingga santan meresap dan menjadi kering, angkat.

Cara Membuat Sosis Solo Isi Ayam
Setelah selesai membuat kulit sosis solo isi ayam dan isinya, maka selanjutnya kita membuat sosisnya, caranya.
  1. Ambil 1 kulit sosis solo isi ayam, isi dengan sesendok isi sosis solo isi ayam.
  2. Lipat bagian samping kiri dan kanan kemudian dilipat dari bawah dan digulung.
  3. Pada akhir gulungan diberi perekat dengan telur.
  4. Setelah selesai semua, sosis solo isi ayam tersebut dikukus kira-kira 20 menit.
  5. Hidangkan dengan lombok hijau.

Begitulah Resep Sosis Solo Isi Ayam yang pasti bisa menggoyang lidah kita. Silahkan dicoba, kalau sudah praktek kasih komentar di sini ya kawan. Selamat mencoba mempraktekkan resep Sosis Solo isi ayam ini.

Comments

Popular Posts

Resep Lotek

Lotek adalah jenis makanan khas dari Jawa Tengah khususnya Jogjakarta dan sekitarnya. Lotek ini hampir mirip dengan pecel , namun bedanya dalam hal penyajian. Kalau p ecel bumbunya sudah jadi sebelumnya, sedangkan untuk lotek ini disajikan dengan sambal bumbu yang segar dalam artian sambal bumbunya baru dibuat saat akan disajikan. Sambal untuk bumbu lotek ini pun menggunakan bumbu mentah yang masih segar. Dalam hal penyajian, lotek ini mirip dengan rujak cingur khas Jawa Timur, bedanya kalau rujak cingur bumbunya menggunakan petis dan pisang klutuk sedangkan lotek tidak menggunakan dua bumbu tersebut. Seperti apa lotek ini, berikut saya tuliskan resep dan cara membuat lotek tersebut. Bahan-bahan dan Bumbu-bumbu Dalam Membuat Lotek Bahan-bahan Bayam / Kangkung Kacang Panjang Kecambah Kubis Tahu Tempe Bakwan Bumbu Sambal Kacang Kacang Tanah Cabai Bawang Kencur Air asam jawa Terasi bakar Jeruk purut Garam Gula merah Air   Cara membuatny

Membuat Klenyem Dari Ketela Pohon/Singkong

Klenyem merupakan makanan tradisional dari kampung yang bahan bakunya berasal dari ketela pohon atau singkong . Makanan tradisional dari ketela pohon atau singkong ( klenyem ) ini terbuat dari singkong parut yang digoreng, berbentuk bulat lonjong dengan isi gula merah di dalamnya. Kalau di Malang, makanan tradisional ala wong ndeso ini dinamakan jemblem . Cara mebuat klenyem pun sangat sederhana, mudah pembuatannya, bahan-bahannya sangat sederhana namun mempunyai cita rasa yang cukup bisa menggoyang lidah kita. Untuk mendapatkan bahan dasar pembuatan klenyem yaitu ketela pohon atau singkong juga tidak sulit, di pasar-pasar tradisional banyak kita temukan penjual singkong tersebut. Bahkan tidak perlu berangkat sendiri ke pasar, tiap hari ada beberapa penjual singkong melintasi di depan tempat tinggalku. Langsung aja saya kasih resepnya. Silahkan praktekkan resep klenyem di bawah ini. Tidak muthlak harus seperti ini, namun anda bisa membuat variasi rasa dan aroma se

Sayur Nangka Muda (Gudeg)

Sayur nangka muda yang lebih terkenal dengan nama Gudeg , masakan khas dari kota Jogjakarta banyak disukai para pecinta kuliner . Kalau di kampung saya sayur nangka muda atau gudeg ini namanya Jangan Tewel . Biasanya kalau masak Jangan Tewel ini dengan jumlah yang banyak sehingga tidak habis dalam satu hari sehingga besoknya dipanasi lagi sampai kuahnya kering. Jadi Jangan Tewel yang kuahnya sudah habis karena sering dipanasi inilah yang dinamakan Gudeg . Sayur nangka muda ( gudeg ) cocok dimakan dengan nasi liwet hangat-hangat dan lebih nikmat lagi ditambah lauk pindang telur . Bagi yang suka masakan pedas mungkin kurang suka dengan sayur nangka muda ( gudeg ) ini karena sayur nangka muda ( gudeg ) adalah masakan dengan cita rasa manis. Namun begitu perlu dicicipi dulu rasanya sebelum menolak, pastilah suka. Langsung saja saya tuliskan resepnya untuk dibawa ke apotik membeli bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan...eh,,,maaf ke pasar ding,,, Bahan-bahan Nangka muda