Skip to main content

Featured Post

Cara Membuat Tape Singkong Manis Paling Praktis

Makanan tradisional turun temurun dari masa ke masa yang terbuat dari singkong atau ketela pohon yang diberi ragi untuk proses permentasi dan disimpan rapat-rapat selama beberapa hari hingga matang. Makanan ini cukup terkenal di kalangan masyarakat dengan nama tenar " tape ", bahkan saking terkenalnya hingga bisa mengalahkan ketenaran artis K-Pop Jungkook dan Jimin BTS . Lalu bagaimana cara membuat tape singkong manis paling praktis ? Yuk baca terus sampai ujung dunia,,, eh..ujung tulisan ding. Membuat tape singkong ini sangatlah mudah, tidak ribet dan pasti GPL, gak pakai lama kata anak sekarang. Orang-orang tua kita dulu yang saya tahu kalau bikin tape singkong sangatlah ribet, banyak persiapan, banyak perlengkapan, dan butuh waktu cukup lama, misalnya singkong dikupas, dicuci bersih kemudian direndam sehari semalam, penyimpanannya pun lebih lama dan harus ditutup dengan daun pisang rapat-rapat, tidak boleh dibuka sebelum waktunya tape masak betul. Seiring bertamba

Tahu Bakso Khas Ungaran

Kalau kita berkunjung ke Semarang Jawa Tengah, selain kita banyak menemukan penjual bandeng presto, kita juga banyak menemukan penjual tahu bakso, tahu bakso  khas Ungaran. Tahu bakso ini yaitu adonan bakso yang dimasukkan ke dalam tahu kemudian digoreng, jadilah tahu bakso khas Ungaran yang nikmat dan lezat, apalagi kalau dihidangkan hangat-hangat sebagai teman minum kopi atau teh panas.

Untuk membuat tahu bakso ini lebih mudah dan lebih sederhana dibandingkan jika kita membuat bakso itu sendiri. Kalau kita akan membuat bakso tentu saja kita harus mempunyai kemampuan atau keterampilan khusus dalam membuat bakso, dalam artian kita harus belajar dan belajar lagi untuk bisa menghasilkan bakso yang sempurna. Namun untuk membuat tahu bakso ini kita tidak memerlukan keterampilan khusus dalam membuatnya.

Seperti apakah tahu bakso khas Ungaran ini? Marilah kita praktekkan di rumah kita masing-masing, ini saya sajikan resep dan cara membuatnya.

Tahu Bakso Khas Ungaran


Bahan untuk membuat tahu bakso khas Ungaran:
  • Tahu pong atau tahu yang dijual di pasaran dalam kondisi sudah digoreng yang dalamnya tidak padat
  • 250 gr daging sapi digiling halus
  • 250 gr fillet dada ayam digiling halus
  • 100 gr tepung tapioka (kanji)
  • 2 putih telur
Bumbu tahu bakso khas Ungaran:
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdt merica butiran
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 1/2 sdt garam (sesuai selera)

Cara membuat tahu bakso khas Ungaran:
  1. Haluskan semua bumbu tahu bakso khas Ungaran.
  2. Siapkan wadah, masukkan daging sapi, daging ayam, dan  bumbu yang sudah dihaluskan. Uleni adonan hingga tercampur rata.
  3. Masukkan putih telur dan tepung tapioka (kanji), uleni lagi hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan bakso ke dalam tahu pong yang sudah dibelah satu sisinya,
  5. Sementara itu panaskan air dalam dandang.
  6. Setelah semua adonan bakso dimasukkan ke dalam tahu dan air sudah mendidih, masukan tahu-tahu yang sudah diisi adonan bakso tersebut ke dalam dandang yang berisi air mendidih tersebut dan kukus sampai matang, kira-kira 20 menit.
  7. Tahu bakso khas Ungaran siap dihidangkan bersama cabai sebagai teman minum kopi ataupun teh panas. Atau jika ingin nuansa lain, tahu bakso tersebut bisa digoreng, caranya, celupkan tahu bakso ke dalam telur yang sudah dikocok, kemudian digoreng sebentar.


Sedikit tips :
  1. Dalam bumbu tahu bakso khas Ungaran tersebut saya cantumkan bawang merah goreng dan gula pasir, dua bumbu ini fungsinya sebagai pengganti penyedap rasa.
  2. Untuk menghasilkan tahu bakso khas Ungaran yang gurih dan lebih nikmat, waktu merebus tambahkan sedikit garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan pada panci yang berisi air untuk merebus tahu bakso khas Ungaran tersebut.

Comments

Popular Posts

Resep Lotek

Lotek adalah jenis makanan khas dari Jawa Tengah khususnya Jogjakarta dan sekitarnya. Lotek ini hampir mirip dengan pecel , namun bedanya dalam hal penyajian. Kalau p ecel bumbunya sudah jadi sebelumnya, sedangkan untuk lotek ini disajikan dengan sambal bumbu yang segar dalam artian sambal bumbunya baru dibuat saat akan disajikan. Sambal untuk bumbu lotek ini pun menggunakan bumbu mentah yang masih segar. Dalam hal penyajian, lotek ini mirip dengan rujak cingur khas Jawa Timur, bedanya kalau rujak cingur bumbunya menggunakan petis dan pisang klutuk sedangkan lotek tidak menggunakan dua bumbu tersebut. Seperti apa lotek ini, berikut saya tuliskan resep dan cara membuat lotek tersebut. Bahan-bahan dan Bumbu-bumbu Dalam Membuat Lotek Bahan-bahan Bayam / Kangkung Kacang Panjang Kecambah Kubis Tahu Tempe Bakwan Bumbu Sambal Kacang Kacang Tanah Cabai Bawang Kencur Air asam jawa Terasi bakar Jeruk purut Garam Gula merah Air   Cara membuatny

Membuat Klenyem Dari Ketela Pohon/Singkong

Klenyem merupakan makanan tradisional dari kampung yang bahan bakunya berasal dari ketela pohon atau singkong . Makanan tradisional dari ketela pohon atau singkong ( klenyem ) ini terbuat dari singkong parut yang digoreng, berbentuk bulat lonjong dengan isi gula merah di dalamnya. Kalau di Malang, makanan tradisional ala wong ndeso ini dinamakan jemblem . Cara mebuat klenyem pun sangat sederhana, mudah pembuatannya, bahan-bahannya sangat sederhana namun mempunyai cita rasa yang cukup bisa menggoyang lidah kita. Untuk mendapatkan bahan dasar pembuatan klenyem yaitu ketela pohon atau singkong juga tidak sulit, di pasar-pasar tradisional banyak kita temukan penjual singkong tersebut. Bahkan tidak perlu berangkat sendiri ke pasar, tiap hari ada beberapa penjual singkong melintasi di depan tempat tinggalku. Langsung aja saya kasih resepnya. Silahkan praktekkan resep klenyem di bawah ini. Tidak muthlak harus seperti ini, namun anda bisa membuat variasi rasa dan aroma se

Sayur Nangka Muda (Gudeg)

Sayur nangka muda yang lebih terkenal dengan nama Gudeg , masakan khas dari kota Jogjakarta banyak disukai para pecinta kuliner . Kalau di kampung saya sayur nangka muda atau gudeg ini namanya Jangan Tewel . Biasanya kalau masak Jangan Tewel ini dengan jumlah yang banyak sehingga tidak habis dalam satu hari sehingga besoknya dipanasi lagi sampai kuahnya kering. Jadi Jangan Tewel yang kuahnya sudah habis karena sering dipanasi inilah yang dinamakan Gudeg . Sayur nangka muda ( gudeg ) cocok dimakan dengan nasi liwet hangat-hangat dan lebih nikmat lagi ditambah lauk pindang telur . Bagi yang suka masakan pedas mungkin kurang suka dengan sayur nangka muda ( gudeg ) ini karena sayur nangka muda ( gudeg ) adalah masakan dengan cita rasa manis. Namun begitu perlu dicicipi dulu rasanya sebelum menolak, pastilah suka. Langsung saja saya tuliskan resepnya untuk dibawa ke apotik membeli bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan...eh,,,maaf ke pasar ding,,, Bahan-bahan Nangka muda